Eight Cara Menjadi Pengusaha Walau Masih Berstatus Mahasiswa

Keinginan menjadi pengusaha tidak cukup tanpa ada kemauan yang kuat. Kemauan yang kuat yaitu kunci utama untuk memulai berwirausaha. Disamping itu, Hamzah menambahkan, berpikir kreatif dan konsisten sangat diperlukan. “Dalam berwirausaha jangan terlalu banyak berpikir untung rugi. Lebih lanjut, pengusaha yang saat ini berusia 22 tahun tersebut mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha jangan berfikir enaknya saja, akan tetapi usahanya.

Yakni berani, focus, semangat dan pantang menyerah, selalu mempunyai goal yang baru, serta terus belajar dan adaptasi. “Banyak anak orang kaya diberi modal untuk menjalankan usaha, tapi bingung tidak bisa menjalankan. Tidak ada salahnya juga mahasiswa bergaul dengan para pengusaha,” pesannya. Saat ini Indonesia patut Judi Online berbangga dengan banyaknya pengusaha muda yang telah bermunculan dan mampu mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Terlebih saat ini, Indonesia harus menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang mengharuskan masyarakat dapat menghasilkan karya kreatif dan inovatif untuk memenangkan Masyarakat Ekonomi ASEAN saat ini.

Tarifnya juga bisa kamu tentukan sendiri entah itu per lembar atau per pengerjaan. Kamu bisa membuka bisnis ini jika kamu memang memiliki tempat yang cukup luas untuk menjaga hewan di rumahmu. Bisa hanya mengajak jalan-jalan, atau bisa juga hanya memandikan. “Saya mengajak untuk terus bergerak melakukan usaha sesuai kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Jangan mentok dengan satu usaha saja, pokoknya apapun talent atau kemampuan yang dimiliki untuk diimplementasikan dengan baik” imbuhnya. Beliau juga mengemukakan bahwa membangun sebuah bisnis adalah proses, yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah bisnis adalah harus mempunyai kemampuan, ability dan kemauan. Tapi kita sudah memulai dengan ITP untuk meningkatkan kapasitas diri.

Melalui acara ini, kami ingin ‘meracuni’ mahasiswa untuk menjadi pengusaha,” terang Ketua Kadin Kota Pekalongan, Nanggolo Mulyowaniaji, di sela-sela acara. Schone and Hazzle menjual berbagai macam pakaian import untuk wanita serta remaja perempuan yang diambil dari Korea, Hongkong dan Bangkok. Sistem yang digunakan adalah sistem ready inventory dan pre-order. Artinya, selain menyetok pakaian ia juga menawarkan pesanan sesuai dengan keinginan pelanggan. Ia mengakui, memang awalnya ia menjual produk lokal tapi karena kualitas yang tidak bisa dijaga seperti kancing lepas, bahan rusak dan buruk, ia memberanikan diri untuk import pakaian dari beberapa negara tersebut. Menurut Haiyani para mahasiswa seharusnya sebelum mereka lulus pun bisa menggeluti usaha yang diminati sehingga hadirnya Himapindo ini mampu menjadi wadah sekaligus menjawab tantangan kedepan dan mencetak wirausaha disaat masih menjadi mahasiswa.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Rasa cinta yang terus mekar itu membuat Muthia ingin mendalami bidang HKI. Baru saja menyandang gelar sarjana hukum, Prof. Agus Sardjono, Guru Besar HKI FHUI meminangnya untuk menjadi asisten. Bahkan hal itu memacunya untuk terus mengasah ilmu sampai ke luar negeri. Sebagai titik balik, bersama mahasiswa hukum lainnya yang hobi musik, teater, tari, dan manajemen bakat, Muthia memprakarsai sebuah organisasi seni.

Di Indonesia sendiri, antar sekolah bisnis juga terus bersaing untuk menjadi yang terbaik. Inovasi, improve pengajar, pengajaran, kurikulum, fasilitas serta jenjang pendidikan terus digenjot untuk memenuhi standard yang lebih tinggi bahkan sampai standar internasional juga terus dikejar. Lantas mengapa Dahlan sekarang punya ratusan perusahaan yang bermacam-macam. Setelah mencapai makrifat, saya baru memikirkan usaha lain sampai sekarang. Jadi kalau ingin sukses tidak bisa langsung melompat jadi makrifat,” tuturnya.

Dengan bekerja di perusahaan bonafit, pasti gaji yang didapatkan tentu lebih baik. ‎”Gagal itu kesuksesan yang tertunda. Jadi kita punya preventing spirit untuk mencoba lagi. Untuk orang berani berusaha saja, saya pikir sudah punya keberanian untuk mengambil risiko. Karena jadi pengusaha tidak serta merta sukses‎,” bebernya. Dia menambahkan, melalui pameran tersebut Unpar telah meluluskan sejumlah mahasiswa yang akhirnya memilih untuk serius berwirausaha. Hingga saat ini, Unpar telah menggelar delapan kali penyelenggaraan pameran serupa yang sebelumnya lebih banyak berkutat di lingkungan internal kampus. Namun, dalam dua tahun terakhir kampus tersebut mulai memberanikan diri untuk mengadakan pameran di space komersial.

Meme The King of Lip Service bisa saja dijadikan delik hukum sebagai kasus penghinaan terhadap Presiden. Batasan kritik dan penghinaan dalam RUU KUHP masih dianggap lemah yang memunculkan istilah pasal karet untuk menjerat siapapun yang berseberangan dengan pemerintah. Proses itulah yang mengecewakan banyak pengamat tentang sikap otoriter penguasa. ArusBaik.id – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dan Relawan Covid-19 Nasional membuka kesempatan menjadi relawan vaksinasi merdeka di Jakarta.

“Setelah ujian skripsi S1, ada lowongan untuk menjadi dosen English for Specific Purposes di salah satu kampus swasta di Malang, saya mencoba mendaftar lalu di terima. Di sana saya mengajar mata kuliah Bahasa Inggris untuk mahasiswa di berbagai jurusan dan berkantor di LC . Setelah itu, saya melanjutkan pendidikan S2 dan menjadi dosen di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang yang kemudian melanjutkan program doktor di UNSW,” terangnya. Produknya sangat laris di pasaran dan selalu ramai permintaan. Berkat itu, Hafiza berhasil meraup omzet ratusan juta rupiah walaupun masih kuliah. Berjuanglah dengan sungguh-sungguh dan jangan takut mengambil risiko.

Kimar